Google Hapus Gmail Desember, Ini Cara Agar Email Tak Hilang

Screenshot_2023-09-17-11-52-16-28_439a3fec0400f8974d35eed09a31f914

Edukasi – Simak cara ini agar akun Gmail Anda tidak dihapus Google. Untuk diketahui, Google akan bersih-bersih akun Gmail yang selama 2 berturut-turut tidak pernah digunakan. Ini dilakukan mulai 1 Desember mendatang.

Kebijakan tersebut berlaku bagi semua layanan Google, misalnya tidak digunakan untuk mengakses seperti Gmail, Google Search maupun YouTube.

“Perubahan tidak memengaruhi Anda kecuali tidak aktif di akun Google selama dua tahun atau tidak menggunakan akun Anda untuk masuk layanan Google apapun selama lebih dari dua tahun,” kata Google dalam email pemberitahuan yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (14/9/2023).

Google mulai menyebar pemberitahuan ke pengguna yang akunnya tidak aktif. Email pengingat tersebut akan dikirimkan sekitar 8 bulan sebelum perusahaan mengambil tindakan.

Baca: Google Kena Kasus, Masa Depan Internet Bisa Berubah Total
“Setelah akun Google dihapus, alamat Gmail untuk akun yang dihapus tidak bisa digunakan lagi saat membuat akun Google baru,” jelas Google.

Cara Agar Akun Tidak Dihapus
Google juga menyertakan beberapa cara untuk menjaga akun tidak dihapus nantinya. Salah satunya tetap aktif setidaknya dua tahun sekali.

Selain itu, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna untuk menghindari kebijakan ini:

1. Membaca atau mengirimkan email

2. Menggunakan Google Drive

3. Menonton video di Youtube

4. Berbagi foto

5. Mengunduh aplikasi

6. Menggunakan Google Search

7. Sign in dengan akun Google untuk aplikasi atau layanan pihak ketiga

CNBC

Bagikan: